Developed by JoomVision.com
Terbaru: Pengumuman Kelulusan Akhir PPDB CMBBS 2018 - Friday, 25 May 2018 15:18
Terbaru: Pengumuman Hasil Psikotest dan Tes Keagamaan PPDB 2018 - Saturday, 28 April 2018 09:35
Terbaru: Pengumuman Hasil Tes Akademik PPDB 2018 - Saturday, 31 March 2018 07:15
Terbaru: Hasil Seleksi Administrasi PPDB 2018 - Saturday, 03 March 2018 06:11
Terbaru: Pembukaan Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru Tahun 2018 - Wednesday, 31 January 2018 00:00
Terbaru: Bakti Sosial 'AZRIM' 2016 - Tuesday, 21 June 2016 11:37
Terbaru: Daftar Perolehan Prestasi OSN, O2SN, FLS2N, Debat, 4 Pilar dan... - Wednesday, 02 March 2016 09:58
Terbaru: Raihan Prestasi CMBBS di Ajang OSN, O2SN, FLS2N dan OPSI - Wednesday, 02 March 2016 09:44
Terbaru: Cara Cek Nama di Web PPDB Online - Tuesday, 16 February 2016 18:20
Terbaru: Siswa Kelas XII Laksanakan TO UNBK - Monday, 15 February 2016 14:31

Kabar Madani




width="200"

Farewell Party of Ashabul Kahfi

PDFPrintE-mail

Mungkin inilah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh siswa kelas XII setelah 3 (tiga) tahun menempuh pendidikan dan menikmati suka duka kehidupan boarding yang penuh dengan dinamika. Hari yang ditunggu itu jatuh pada 24 Mei 2014 yaitu pada hari Sabtu bertepatan dengan tanggal 25 Rajab 1435 H, hari di mana dilaksanakan wisuda dan penglepasan bagi siswa kelas XII angkatan ke 7 SMAN CMBBS yang dinamai ASKA (Ashabul Kahfi).

Nama angkatan Ashabul Kahfi diinspirasi oleh kisah 7 makhluk Allah yaitu 6 pemuda ditemani seekor anjing yang bersembunyi di dalam gua untuk menghindari kedzoliman penguasa pada masa itu, lalu mereka tertidur selama kurang lebih 309 tahun sedangkan mereka menganggap hanya tertidur satu hari. Lalu mereka dibangunkan setelah bergantinya generasi demigenerasi dan pemimpin di negeri mereka adalah orang yang beriman dan adil. Kesamaan angka 7 itulah yang menjadi salah satu alasan dipilihnya nama Ashabul Kahfi untuk siswa angkatan ke 7, selain itu, kisah mereka juga semoga menjadi inspirasi dan motivasi terhadap kehidupan factual saat ini.

Kegiatan farewell untuk ke 7 kali ini dimotori oleh siswa kelas XI sebagai panitia dibantu oleh siswa kelas X yang turut berperan penting dalam menyukseskan acara tersebut. Persiapan kegiatan telah dilakukan lebih dari 1 bulan sebelumnya, para partisipan acara berlatih dengan sangat serius tak kenal siang dan malam. Farewell party bukan sekedar acara perpisahan, namun lebih dari itu merupakan persembahan terakhir para siswa kelas X dan XI untuk kakak kelasnya yang hendak mereka lepaskan menuju universitas tempat mereka berlabuh selanjutnya.

Sekalipun tidak dihadiri oleh Bapak Kepala Sekolah yang sedang melaksanakan tugas kedinasan di Bandung dan juga Wakil Kepala Bidang Kurikulum, namun acara farewell tetap berjalan khidmat namun juga meriah. Kegiatan dimulai sejak Pkl. 07.00 WIB, para orang tua siswa kelas XII telah mulai berdatangan untuk menyaksikan pengukuhan putra puteri mereka sekaligus membawa kembali pulang setelah dititipkan selama 3 tahun di Cahaya Madani. Kegiatan awal dimulai dengan persembahan tari madaris (madani dan marawis) oleh siswa kelas X dan dilanjut tari saman yang juga dibawakan oleh siswa kelas X, kemudian tari rampak bedug yang dibawakan oleh siswa kelas XII.

Berlanjut ke acara formal, diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an berserta saritilawah, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yaitu Kepala Sekolah yang diwakili oleh Wakasek Bid. Saran Prasarana Drs. Dayan Herdiana, M.Pd, sambutan selanjutnya dari Ketua Komite dan Kepala BPPK serta perwakilan dari orang tua siswa kelas XII. Sambutan juga dimeriahkan oleh perwakilan alumni dan terakhir dari perwakilan siswa kelas XII. Selanjuta pembacaan surat keputusan Kepala Sekolah tentang kelulusan siswa kelas XII yang dibacakan oleh Wakasek Bid. Humas Drs. Jejen Zaenal A, M.Pd. selepas itu adalah upacara adat dan penglepasan secara simbolis yang ditandai dengan dilepaskanya 2 ekor burung merpati, dilanjutkan penyerahan cindera mata dari siswa kelas XII kepada pihak sekolah. Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada para siswa kelas XII yang berperstasi baik dibidang akademik maupun non akademik dan keasramaan. Dan selanjutnya adalah pengukuhan, para siswa kelas XII satu persatu dipanggil ke atas panggung untuk menerima ijazah dan pengalungan medali tanda kelulusan. Usai pengukuhan maka dengan demikian para siswa kelas XII secara resmi telah menjadi alumni, lalu mereka membacakan janji alumni sebagai sebuah “kontrak politik” agar mereka menjaga nama baik almamater dan kelak mengamalkan ilmu mereka untuk kemajuan agama dan bangsa khususnya Provinsi Banten.

Usai rangkaian kegaitan tersebut tiba masa untuk mengabadikan momen yaitu sesi foto yang dibagi atas kelas masing-masing bersama para pimpinan sekolah, guru serta staf. Setelah itu acara thanks giving diawali pemberian bunga kepada guru dan dilanjutkan lagu persembahan terakhir alumni untuk para guru yang telah membimbingnya. Kegiatan terakhir ialah thanks giving kepada para orang tua masing-masing, mereka menyerahkan mawar sebagai symbol rasa terima kasih atas keikhlasan para orang tua yang telah menjaga dan mengantarkan mereka hingga pada saat tersebut. Acara farewell party Ashabul Kahfi diakhiri dengan pembacaan do’a yang dibawakan oleh Ust. Isa Iskandar, S.Pd.I. Selepas do’a tiba masa untuk menikmati sajian makan siang diawali dengan pemotongan tumpeng yang diwakili oleh perwakilan dari orang tua alumni dan guru. Dengan demikian selesai lah seluruh rangkaian kegiatan wisuda dan penglepasa siswa kelas XII angkatan Ashabul Kahfi. (af)

Joomla! Template design and develop by JoomVision.com - http://www.joomvision.com