Developed by JoomVision.com
Terbaru: Pengumuman Kelulusan Akhir PPDB CMBBS 2018 - Friday, 25 May 2018 15:18
Terbaru: Pengumuman Hasil Psikotest dan Tes Keagamaan PPDB 2018 - Saturday, 28 April 2018 09:35
Terbaru: Pengumuman Hasil Tes Akademik PPDB 2018 - Saturday, 31 March 2018 07:15
Terbaru: Hasil Seleksi Administrasi PPDB 2018 - Saturday, 03 March 2018 06:11
Terbaru: Pembukaan Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru Tahun 2018 - Wednesday, 31 January 2018 00:00
Terbaru: Bakti Sosial 'AZRIM' 2016 - Tuesday, 21 June 2016 11:37
Terbaru: Daftar Perolehan Prestasi OSN, O2SN, FLS2N, Debat, 4 Pilar dan... - Wednesday, 02 March 2016 09:58
Terbaru: Raihan Prestasi CMBBS di Ajang OSN, O2SN, FLS2N dan OPSI - Wednesday, 02 March 2016 09:44
Terbaru: Cara Cek Nama di Web PPDB Online - Tuesday, 16 February 2016 18:20
Terbaru: Siswa Kelas XII Laksanakan TO UNBK - Monday, 15 February 2016 14:31

Kabar Madani




width="200"

PDFPrintE-mail

Menjelang akhir semester II adalah masa-masa yang menentukan bagi para siswa kelas XII untuk mengetahui di kampus mana kaki mereka akan berpijak nanti. Waktu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memantapkan diri baik untuk menghadapi Ujian Nasional maupun menentukan pilihan universitas yang akan dituju. Acara bedah buku ini sengaja diadakan untuk membantu para siswa kelas XII dalam membuat strategi memilih kampus inceran yang sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan.

Buat kelas XII, memilih kampus atau universitas yang akan dijadikan tujuan menuntut ilmu selanjutnya adalah suatu keniscayaan. Saat ini biasanya para siswa kelas XII sudah memilki target utama yaitu nama universitas yang jadi inceran, kalau itu gagal, maka kampus ke dua sudah ada dalam daftar. Sederet nama kampus paling top sudah ditelusuri seluk-beluknya, fakultas, lokasi, fasilitas, sampai biaya pendidikan dan biaya hidup tak luput jadi perhitungan.

Tapi tunggu, kira-kira udah bener 'gak siih cara kita milih tempat study yang kita inginkan untuk menentukan masa depan kita nanti? Kalau ditanya mau kuliah di mana, pasti jawabanya di (sebut nama kampus) Anu. Biasanya siih, yang disebut nama-nama kampus bonafide alias yang top markotop di Indonesia. Menurut kita, seseorang yang udah punya tujuan melanjutkan study ke kampus ternama sebut saja UI, ITB, UGM, UNPAD, IPB, dan lain-lain maka orang tersebut layak diacungi jempol. Satu atau dua jempol sekaligus :D. Tapi…lagi lagi tunggu, coba tanya kang Robani Alfan penulis buku “Waspada Jacket Syndrom” yang diterbitkan Gramedia itu. Udah bener ‘gak siih cara milih kampus yang selama ini kita pake’.

“Setiap yang ditanya mau kuliah di mana, pasti jawabanya kampus itu, itu, dan itu (nama kampus-red).” Kata kang Robani kepada para peserta bedah buku. “Kenapa ‘gak nyebut nama fakultas, atau nama kotanya.” Lanjut kang Alfan.

Menurut mahasiswa asal Cilegon yang kuliah di Universitas Gadjah Mada ini, fenomena diatas menunjukkan mayoritas siswa kelas XII sudah terkena “Syndrome Jacket”. Kebanyakan orang memilih kampus dari nama besarnya, bukan fakultas yang dituju. Atau singkatnya, kampus dulu baru fakultas/jurusan. Padahal, menurut kang Alfan, yang pertama kita cari harusnya fakultas/jurusan lebih dulu yang tentunya sesuai dengan minat dan kebutuhan kita, selanjutnya baru tentuin universitas mana yang layak/bisa kita masuki.

Rupanya hampir seluruh peserta bedah buku yang merupakan kelas X, XI dan XII baru menyadari fenomena ini. Milih kampus itu bukan sekedar nama kampusnya, tapi sesuai dengan kebutuhan kita atau ‘gak. Nah, kira-kira kamu masuk golongan yang mana ya? Apa termasuk yang kena “jacket syndrome” atau ‘normal’. :D

Pada kegiatan bedah buku ini penulis juga memberikan doorprize sebuah buku yang dibubuhi tandatanganya kepada salah satu peserta yang sanggup memenuhi tantanganya. Diakhir cara ada tanya jawab, pada sesi ini para siswa menyampaikan unek-uneknya seputar cara menentukan masa depan dengan memilih kampus yang sesuai. Tak hanya kelas XII, siswa kelas XI pun tak mau ketinggalan 'cuhat' kepada narasumber. Acara berjalan cukup meriah dan berakhir sekitar Pkl. 12.00 WIB dan ditutup dengan sesi foto bersama.

(af)

Joomla! Template design and develop by JoomVision.com - http://www.joomvision.com